Minggu, 11 Oktober 2009

Harapan masyarakat IT kepada Kepala negara yang baru

seperti yang kita ketahui pemilu telah usai pro dan kontar mengenai keabsahan Pemilu kini sedang diulas, apakah nanti diulang atau tidak mahkamah constitutesi yang akan menjawabnya, sangat disayang negara yang besar dan juga memiliki pemerintahan yang besar tidak disandingkan dengan pengolahan data yang terstruktur, saya termasuk masyarakat IT sangat disayangkan pemerintahan yang memiliki territorial yang begitu luas tapi kurang memiliki wawasan IT yang luas pula. sudah seharusnya pemerintahan kita tidak pandang lagi untuk pengucuran dana kepada sistem informasi negara layaknya negara-negara maju. Perumpamaan 1triliyun dana terkucur untuk pengembangan IT bangsa ini mungkin yang perlu dikembangkan adalah penyosialisaan IT kepada masyarakat seperti kita ketahui perkembangan Internet indonesia memang pesat dan yang perlu diketahui warga negara kita hampir 200jt tapi yang melek internet hanya sekitar 25-30jt itu berarti perkembangan masyarakat terhadap IT masih kurang cepat jadi dana yang sebesar itu perlu dikembangkan ke pelatihan masyarakat melek IT. setelah sosialisai ada yang hal lain yang perlu dikembangkan centralisasi data pemerintah dan juga data-data masyarakatnya

Posted in komputer dan masyarakat | No Comments »

Fraud dalam dunia IT

Tuesday, August 4th, 2009

Kejahatan dalam sektor telekomunikasi yang lebih terkenal dengan istilah fraud merupakan hal yang merugikan baik bagi customer maupun operator. Fraud tidak hanya terjadi pada sistem komunikasi tetap namun juga pada komunikasi bergerak. Fraud yang banyak terjadi dalam komunikasi bergerak adalah penggandaan identitas dan nomor telepon selular tertentu atau mencoba menyusup kepada jaringan telepon bergerak padahal tidak terdaftar sebagai customer pada operator telepon selular tersebut.

Fraud merupakan hal yang serius bagi operator komunikasi bergerak. Jumlah kerugian akibat fraud rata-rata mencapai 500 juta dollar setiap tahun dalam industri komunikasi bergerak di Amerika, yang merupakan suatu angka yang cukup besar untuk membangun jaringan sistem komunikasi baru. Banyak kejadian fraud pada komunikasi telepon gengam seperti pada kasus di Arizona dimana seorang melakukan 57 ribu kali panggilan interlokal maupun internasional selama 19 hari dengan menggunakan identitas palsu sehingga operator menderita kerugian sebesar sekitar 1 juta dollar. Akhirnya dapat ditangkap melalui kerjasama antara operator dan polisi setempat berikut sekitar 10 ribu microchip palsu termasuk komputer dan software yang dipergunakan untuk memprogram kembali chip pada telepon gengam lain.

Cara yang dapat dilakukan untuk mencegah dan mendeteksi fraud diantaranya adalah dengan melakukan encryption atau pengacakan informasi, pemblokan (blocking), verifikasi kastemer dan analisa pola trafik.

Encryption

Dengan melakukan encryption maka sinyal sebelum dipancarkan dikodekan terlebih dahulu menggunakan bit ‘0′ dan ‘1′ sehingga memberikan kemungkinan kecil bagi orang untuk mencuri identitas dan nomor dalam telepon gengam tersebut, bahkan juga susah untuk melakukan penyadapan percakapan yang terjadi. Komunikasi bergerak yang analog relatif akan mahal menggunakan teknologi ini sehingga sangat jarang diperoleh bahwa encryprion ini diterapkan pada sistem analog.

Blocking

Blocking dilakukan dengan cara memblock setiap panggilan yang dilakukan oleh kastemer tertentu misalnya dengan cara membuat kastemer tertentu tidak dapat melakukan panggilan interlokal ataupun internasional. Hal ini dilakukan operator atas permintaan kastemer atau juga untuk tujuan proteksi, misalnya dengan membuat kastemer tertentu yang memiliki catatan yang baik yang hanya mungkin dapat melakukan panggilan internasional.

Verifikasi Kastemer

Verifikasi kastemer dilakukan dengan cara memberikan syarat mutlak pada kastemer sebelum melakukan akses pertama dengan memasukan PIN (Personal Identitas Number). Cara lain adalah dengan melakukan akses prepaid (pascabayar) untuk panggilan interlokal maupun internasional.

Analisa Pola Trafik

Banyak operator yang telah melakukan tambahan software untuk mendeteksi fraud dengan cara melakukan analisa pola trafik. Software akan mendeteksi apabila ada pola trafik yang luar biasa dibanding pada biasanya, seperti adanya intensitas yang tinggi pada jumlah atau lamanya panggilan international yang dilakukan pada oleh telepon gengam tertentu. Jika ada suatu trafik yang lain dari biasanya maka software ini akan memberikan suatu alarm dan dapat dilakukan pengecekan lebih lanjut

Cara-cara di atas merupakan cara yang dapat dilakukan oleh operator untuk meminimisasi kasus fraud sehingga memperkecil kerugian bagi operator maupun kastemer. Dari segi teknologi, saat ini telah banyak dikembangkan teknologi yang mempertinggi tingkat keamananan/sekuriti (security) bagi komunikasi telepon gengam. Mulai dari sistem generasi komunikasi bergerak pertama dengan menggunakan pengacakan identitas, sistem generasi kedua dengan voice encryption and user authentication serta sistem generasi ketiga dengan asymmetric cryptographic algorithm

Posted in komputer dan masyarakat | No Comments »

5 Istilah Populer dalam Dunia IT

Tuesday, August 4th, 2009

ATA - AT Attachment, juga dikenal sebagai IDE (Integrated Drive Electronics). Adalah desain interface harddisk dengan controller yang terintegrasi didalamnya. Desain ATA kemudian dikembangkan lagi menjadi ATA-2 dan Ultra ATA dengan menambahkan berbagai kelebihan, diantaranya kemampuan untuk memberikan informasi karakteristik harddisk untuk keperluan plug and play dan meningkatnya kecepatan akses.

Bug - Istilah untuk suatu cacat/kesalahan pada software atau hardware yang membuatnya tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Proses untuk menemukan dan mengatasi bug disebut sebagai debugging.

CISC - Complex Instruction Set Computing. Rangkaian instruksi built-in pada processor yang terdiri dari perintah-perintah yang kompleks. Instruksi-instruksi yang tersedia memudahkan para programmer untuk mengembangkan aplikasi untuk plattform CISC. Di lain pihak, banyaknya instruksi dalam CISC dapat mengurangi kecepatannya. CISC merupakan kebalikan dari RISC, biasanya digunakan pada keluarga processor untuk PC (Intel, AMD, Cyrix).

Hyperthreading - Teknologi yang dikembangkan oleh Intel untuk keluarga processor Pentium 4 dengan kecepatan 3 GHz keatas. Teknologi ini memungkinkan elemen-elemen yang berbeda dari processor–seperti unit integer, pemrosesan grafis, dan floating point untuk kalkulasi yang kompleks–dapat aktif dalam waktu yang bersamaan. Intel mengklaim teknologi ini mampu meningkatkan unjuk kerja sistem antara 25 hingga 30 persen.

Kompresi - Suatu teknik pemampatan data sehingga diperoleh file dengan ukuran yang lebih kecil daripada ukuran aslinya. Kompresi bekerja dengan

mencari pola-pola perulangan pada data dan menggantinya dengan sebuah penanda tertentu. Ada dua jenis metode kompresi, yaitu non-lossy dan lossy. Kompresi yang bersifat non-lossy tidak menghilangkan informasi-informasi dalam file asli sehingga cocok diterapkan untuk file dokumen. Sebaliknya, metode lossy menghilangkan informasi yang dianggap tidak signifikan. Biasanya teknik ini diterapkan pada file multimedia berukuran besar, misalnya pada format file JPEG (image), MPEG (video) dan MP3 (audio).

SCSI - Small Computer Systems Interface. Merupakan standar dalam menghubungkan peripheral ke komputer dengan menggunakan interface yang

memakai perintah SCSI (SCSI Command). Standar SCSI dapat dibedakan menjadi SCSI (SCSI1) dan SCSI2 (SCSI wide dan SCSI wide and fast). SCSI2 adalah versi

terbaru dari SCSI yang menghubungkan berbagai peripheral seperti CD-ROM dan Tape Drive.

Posted in komputer dan masyarakat | No Comments »

LSP Telematika

Tuesday, August 4th, 2009

mungkin sebagian orang berpikir ini adalah lembaga yang memang bisa dibanggakan karena mampu mengembangkan kinerja SDM masyarakat Indonesia tapi disatu sisi ini merugikan para sebagian orang yang memang telah mengambil jurusan dan mendalaminya, seperti yang kita ketahui lembaga ini memberikan sertfikasi kepada seseorang untuk menjadi Pakar telematika tanpa melihat background orang tersebut, memang disatu hal ini memberikan peluang untuk semua orang menjadi profesional dibidangnya akan tetapi apakah setiap orang mungkin mendapatkannya tanpa harus melihat latar belakang orang tersebut.

Dilain hal pemerintah seharusnya turut andil dalam menanggulangi kejadian ini seharusnya kita sebagai orang-orang IT memiliki RUU yang memberikan jaminan seseorang itu layak dalam hal tertentu bukan hanya sekedar Front Office yang memang cuam setiap hari ngetik di depan komputer dan bisa mendapatkan sertifikasi telematika apa orang itu sebelumnya pernah menghitung biner atau tahu cara bagaimana sebenarnya komputer itu berkerja belum tentu dia tahu.

Yang sangat disayangkan lagi profesi di indonesia ini bagaikan kutu loncat yang bisa berpindah kesana - kemari tanpa melihat latar pendidikan apa yang pernah mereka tempuh sebelumnya, sebagai perusahaan sudah pasti akan memilih orang yang bisa dibayar lebih murah dibanding harus membayar seorang profesinal dibidangnya.Pemerintah seharunya sudah turut andil dalam hal ini jika memang mereka awas akan bahaya kedapan nanti khusunya untuk bagi dunia pendidikan di tingkat Universitas atau sekolah tinggi.

Posted in komputer dan masyarakat | No Comments »

profesionalisme IT VS IT abal-abal

Friday, July 31st, 2009

Layaknya seorang dokter yang bisa melakukan malpratik kepada pasiennya begitu juga hak yang sama bagi seorang mahasiswa Lulusan IT jida tidak diberikan oleh orang yang memang ahlinya berarti nanti akan ada akibatnya juga.saya sangat menyayangkan pemerintah kita tidak memberikan hukum-hukum yang berlaku mengenai profesonalisme dibidang IT ada beberapa hal yang harus pemerintah ketahui jika hal ini terus melangsung bisa jadi perkuliahan untuk IT bisa2 gak laku dong lah wong sapa aja bisa jadi masternya liat aja tu om roy bisa-bisanya dia jadi master IT padahal kan dia background nya bukan IT.

sekarang ini semua orang bisa mengaku menjadi ahli IT padahl cuma bisa install XP aja sangat disayangkan perusahaan - perusahan diINdonesia lebih mementingkan gimana untuk mendanai SDM yang semurah mungkin tapi untuk bidang yang memang bukan dia ahlinya. sebenarnya jika anda ingin menjadi seorang IT yang memang profesional hal yang pertama jadilah unik maksudnya disini carilah kemampuan yang memang jarang orang-orang bisa dalam hal lain jadilah orang yang langka dan memang dibutuhkan yang kedua perdalami ilmu itu sedalam-dalamnya (sumur klie ya hehe2x..) dalam arti kata disini ilmunya ampe ngelotok deh dikepala dan memang anda yang mahir dalam hal itu.

Posted in komputer dan masyarakat | 2 Comments »

Paparan masa depan IT di masa depan kelak

Friday, July 31st, 2009

jika kita berbica tentang bagaimana nanti IT kedepannya kita layak seorang mama lauren yang memang suka memberikan bocoran tentang masa depan secara magis tapi karena kita anak IT kita mencoba memaparkan secara logis dan memang penilaian-nilaian yang terbersit dikepala kita. Pernah anda melihat sebuah film yang menggambarkan tentang masa depan mungkin itu juga yang meng-inspirasikan seorang ilmuan untuk menciptakan masa depan seperti itu atau mungkin sebaliknya sang penulis mungkin pernah membaca artikel-artikel dari ilmuan tapi memang belum bisa di-Implementasikan untuk saat-saat ini, semua hal itu saling terkait satu sama lainnya. Teknologi informasi adalah sebuah masa depan yang memang sangat membantu umat manusia dimana saat masa lampau sebuah informasi begitu sulit untuk disampaikan ataupun disimpan, jika melirik 2 atau 3 abad sebelumnya mungkin penyampaian atau penyimpanan informasi sangat tidak semudah saat ini. layaknya sebuah perubahan besar yang bisa memberikan dampak kepada aspek kehidupan lainnya maka kita bisa mengategorikan aspek apa saja yang merupak dampak dari perkembangan IT dimasa depan kelak, pemerintahan, pendidikan, transportasi,multimedia,dan kesehatan kita hanya mengambil aspek-aspek yang memang agak krusial untuk nantinya kita bahas

Pemerintahan

dalam bidang pemerintahan sudah pastinya akan ke depan nanti PEMILU sudah tidak seharusnya seTradisional seperti saat ini tapi memang ketika sebuah teknologi yang berkembang harus juga diimbangi dengan masyarakat yang melek IT juga jika tidak PEMILU yang memanfaatkan IT akan sulit terlaksana, sedang dalam ke pemerintahan lebih dalamnya lagi pendataan penduduk yang masih semeraut disana-sini kedepanya akan menjadi digital signature untuk setiap orangnya dan menjadi sebuah tanda pengenal seseorang dalam bidang hukum ketika mengahadapi persidangan tidak seharusnya buku-buku tebal akan memenuhi meja hijau tapi cukup denga softcopy saja yang lebih berguna.Pemerintahan kedepan nanti insallah akan menjadi IGOS (indonesia GO to Open source) pada saatnya nanti indonesia dengan IT yang begitu maju dari segi SDm dan Invrastrukturnya akan bisa mengurangi KKN di negeri ini atau yang tidak kita harpan yaitu Rapat paripurana DPR-MPR tanpa wujud asli hanya sebuah tampil layar monitor dan juga webcam disana-sini.

Pendidikan

dimasa depan nanti akan terjadi revolusi pembelajaran IT akan berdampak sangat besar untuk aspek pendidikan tanpa anda sadari hal ini pun sudah terjadi sekarang juga, CBT, E-learing, E-college dan lain-lain sudah banyak sekali, pernah anda bayangkan suatu saat nanti raport yang diberikan untuk anak-anka anda nanti bukan berbentuk sebuah buku lagi akan tetapi sebuah tampilan web yang langsung terdaftarkan ke database pusat punya diknas dan semua nilai dari seluruh pelosok negeri terdapat disana,sebenar ya ini sudah mulai dikembangkan tanpa anda sadari perlu diketahui untuk pengumunan penerimaan SMP&SMU sekarang sudah menerapakan hal ini sekarang tinggal kita tunggu saja kapan E-rapot atau bahkan E-UAN.

Transportasi

GPS mungkin bisa dibilang salah alat yang sangat berpengaruh untuk transportasi kita dulu seseorang ingin berkelana harus membawa sebuah kompas dan peta sekarang hanya cukup membawa sebuah kotak makan yang bisa menunjukan keberadaan anda dan arah tuju anda entah apa lagi gebrakan kedepanya mungkin anda akan memiliki sebuah mobil dengan kemampuan auto pilot atau mobil anda bisa melayang untuk menghindari kemacetan, yang kedepan ini yang sangat diharapakan adalah sim yang bekerja seperti sebuah ATM yang bisa menampung bahwa sang pemilik SIM ini pernah melanggar apa saja dan denda seberapa banyak yang harus ditimpakan kepadanya tidak harus sistem damai dengan pak Polisi hehe2x..

Multimedia

sekarang pun pemesanan tiket bisokop sudah bisa via internet ini menandai akan terjadinya sebuah revolusi lagi dibidang multimedia tapi bukan itu saja mungkin suatu saat 21 atau pun bioskop-bioskop akan ditinggalkan oleh masyarakat layak tempat pemanggungan yang dulu ramai dan dikalahkan oleh bioskop2 terkini, atau mungkin suatu saat lagi penjualan pita kaset bisa digantikan dengan penjual secara digital atau download yang memang dilindungi pengamanan dan setiap orang yang mau silakan beli entah dalam bentuk apa, nanti kedepan akan dijual tiket konser dalam 2 bentuk live perform dan E-konser jadi silakan aja nonton live secara online ini pun bisa dibisniskan untuk multimedia, yang pasti sang pembuat seni setidaknya medigitalisasikan karyanya.

Kesehatan

IPv6 siap menberikan IP kepada setiap orang dibumi ini dari yang sudah wafat maupun yang akan lahir IPv6 siap menampung dan tidak akan takut kehabisan hal ini mengindikasikan bahwa setiap manusia bisa memiliki IP dan sebuah IP bisa menjadi rujuk untuk rumah sakit untuk setiap bayi yang lahir ditandakan dengan sebuah IP entah itu chip atau berbentuk apa karena ini membantu untuk medical history seorang pasien ataupun bisa pula umat manusia nanti akan meninggal dalam kehidupan sesungguh tapi hidup dalam kehidupan maya dalam artian lo comment di FB-nya dibls ama doi spooky gak tuh hehe2x….kabanyakan makan kacang jadi eror nih ngayalnya

suatu saat nanti IT itu akan menjadi hal menjenuhkan

IT akan menjadi Perkerjaan yang gak akan diperebutkan seperti saat ini

IT akan menjadi pelajaran dasar pokok dan mejadi kurikulum di SD bahkan TK

IT kedepan memang sangat berkembang tapi seperti pada dasarnya seberapa perkembangan pasti akan ada tingkat kejenuhannya dan menjadi statis di masa itu soo kembali ke dalam keimanan kita bahwa nanti di akhir zaman akan terjadi sebuah perang dimana pedang dan busur panah yang akan digunakan kembali bukan AK-47 ataupun basoka jadi bukan teknologi lagi yang digunakan tapi malah tradisional entah pedang itu berbentuk apa mungkin kaya di film stars war hehe2x….

Posted in komputer dan masyarakat | 1 Comment »

Lulus dan jadi sarjana IT enak mau jadi apa ya?

Friday, July 31st, 2009

sebelum saya bahas lebih lanjut ada baiknya ada tanya diri anda sendiri kenapa ada mau menjadi sarjana IT

ada beberapa faktor yang mungkin bisa disebutkan biarpun masih banyak hal yang bisa menjadi faktor ya

tapi yang saya ambil faktor umumnya saja yang pertama:

1.apa karena anda tertantang untuk mejadi seroang IT?

2.apa karena sarjana IT mudah mendapatkan perkerjaan?

3.apa anda berpikir mudahnya seorang IT untuk mendapatkan gaji yang lebih besar?

4. mencari ilmu dari lahir hingga liang lahat mungkin?

5.atau mungkin tuntutan orang tua

semua faktor-fakotr tersebut mendasari pemikiran anda setalah anda lulus dan menjadi sarjana IT hal ini

disebabkan tujuan utama yang ada berada dalam pemikiran anda seperti itulah, saya ambil contoh ada seseorang

yang memang sangat mahir dalam karir IT belum tentu memiliki keuangan yang berlebih hal ini disebabkan karena

mereka lebih suka tantangan bukan hasil materi yang dikejar ada juga sebaliknya seperti itu hal-hal yang mendasari pemikiran

kita setelah lulus nantinya. Dan perlu anda ketahui bahwa dunia IT dunia yang penuh tantangan ketika seseorang memasuki

dunia kerja dalam bidang IT anda harus siap dengan hal-hal yang dipressure.Perlu diketahui juga dari sekian banyak profesi

didunia ini IT termasuk 10 perkerjaan yang mudah membuat seseorang terkena stress

itu cuma intermezo tentang Suka duka menjadi sarjana IT..!!

peluang seorang sarjana IT untuk mendapatkan pekerjaan memang sangatlah besar, hampir tidak ada perusahaan besar yang tidak memiliki komputer dan juga perusahaan2 besar sudah pasti ingin memiliki kecepatan informasi yang bisa menunjang perusahaan tersebut.Hal-hal ini yang memfaktori begitu banyak SDM IT yang memang dibutuhkan di negara ini. jika anda lulusan IT dan ingin berkarir di IT banyak home software di Indonesia akan tetapi bukan disitu aja untuk networking Cisco Corporation siap membantu anda biarpun mereka juga menyediakan hardwarenya tapi ilmu yang diajarkan bisa diimplementasikan di lain2. yang menjadi buah pikiran saya adalah IT psikologi ini bukannya mengambil lahan untuk anak2 yang lulusan psikolog tapi karena anda lulusan IT jadi mungkin lebih tahu psikologi seseorang yang sering atau orang yang baru pertama kali menggunakan tekhnologi informasi seperti itu. dan perlu anda ketahui di negara-negara eropa pekerjaan IT tidak terlalu populer atau dibanggakan anak-anak muda disana labih suka menjadi interprner atau bisnisman jadi bisa menjadi pulang kerja anda dengan gaji yang lebih besar tentunya..!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar